- Knalpot Original
Untuk knalpot orisinil atau standar 4-tak cenderung kering, maka panas
yang dihasilkan bisa menyebabkan karat. Disarankan, memanaskan mesin
jangan terlalu lama karena bisa membuat knalpot jadi kuning. Lalu,
berikan oli secukupnya ke dalam lubang knalpot dua bulan sekali.
Jangan kaget, bila timbul asap akibat pelumas yang diolesi menguap
lantaran terkena panas. Untuk menghindari karat datang lagi, bisa
disemprot anti-karat dan sehabis mencuci sebaiknya segera dikeringkan
atau sewaktu hujan cepat dibilas dengan air bersih.
- Knalpot Racing
Buat yang memasang knalpot racing, baik itu model chrome dan berbahan pelat, dibutuhkan perawatan khusus. Karena, tanpa disadari produk aftermarket itu lebih cepat menguning atau berkarat ketimbang knalpot original.
Oleh karenanya, sebelum dipasang sebaiknya dioleskan oli bekas dulu
agar umur lebih panjang. Oleskan pelumas bekas tersebut dengan kain di
bagian leher knalpot. Setelah itu, lanjutkan dengan memasang knalpot.
Lalu, hidupkan mesin selama dua menit, dan oli akan menguap akibat
panas.
- Cara pertama, dengan Oli bekas
Persiapkan oli bekas atau yang sudah tidak terpakai, oli apa pun
tapi lebih prefer ke oli mesin bekas pakai, kemudian hidupkan mesin
sekitar 10 menit supaya knalpot panas terlbih dahulu. Karena kian panas,
justru makin bagus. Hal ini bisa Anda lakukan setelah Anda pulang
kerja, pulang sekolah atau pulang touring jadi knalpot lagi benar-benar
panas.
Kemudian oleskan oli ke bagian knalpot yang berkarat. Jangan kaget,
timbul asap karena pelumas bekas yang sudah dioles menguap terkena
panas. Nanti karat di leher knalpot hilang sendirinya, sedikit demi
sedikit. Namun ingat jangan lupa dialasi oleh koran bekas supaya
lantainya gak kotor kena tetesan oli tersebut.
- Cara kedua, dengan prostex
Langkah-langkahnya:
- Tuang porstex secukupnya di wadah
- Ambil sedikit pake kuas, perhatikan jangan terlalu banyak biar ga netes-netes
- Oleskan di permukaan knalpot yang kotor atau berkarat
- Setelah rata, sirem dengan air sampai bersih
- Lalu di lap sampai kering
- nb: jangan sampe netes ke blok mesin, takutnya luntur atau belang catnya. Dan yang dah pake engine cover sebaiknya di lepas, mengapa jika kena prostex ini bisa-bisa catnya belang.
- Cara ketiga, dengan pertamax plus
Untuk menghilangkan bercak-bercak hitam atau bahkan aspal pada knalpot
atau swing arm, yaitu campur Pertamax Plus dengan minyak tanah dengan
perbandingan 1:2 secukupnya saja tergantung kebutuhan, kemudian oleskan
pada bercak-bercak hitam tersebut. Kemudian sikat sedikit dgn
menggunakan sikat gigi, bercak tsb lsg hilang dan knalpot/arm langsung
seperti pertama turun dari pabrikan
makasih gan...kebetulan knalpot motor gw jg karatan...
BalasHapusThx infonya gan..
BalasHapusbeneran bro? aku pke knalpot dbs ori for mx
BalasHapustpi yg tabung.y udah kusam trus gmna